Friday, February 20, 2009

Parang Tritis Pantai Kenangan (Sebuah Lap.Karya Wisata Siswa)

LAPORAN KARYA WISATA


 


 


 

Penyusun Kelas 9f

Anggota :

1. Novita Andriani

2. Nawang Resti Anugrahini

3. Pungki Gumilar

4. Kukuh Santoso

5. Wibowo Setiawan


 

SMP NEGERI 2 KADEMANGAN

KABUPATEN BLITAR

JL. Sadewo No.75 (0342) 804974

Kelurahan Kademangan


 

Oktober 2008


 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LEMBAR PENGESAHAN


 


 

    Laporan Karya Wisata Berjudul Parangtritis, Pantai Kenangan ini sebagai pemenuhan tugas mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX F SMPN 2 Kademangan Kabupaten Blitar, telah diperiksa, disetujui dan disahkan pada tanggal ................................. oleh :

Pembimbing I,


 


 

Dra. Sri Wahyuningsih

NIP. 132 202 302

Pembimbing II,


 


 

Purhaji, S.Pd.

NIP. 131 425 911


 

Mengetahui,

Kepala SMPN 2 Kademangan


 


 

Luhur Sejati, M.Pd.

NIP. 131 636 290

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR


 

    Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmatNya, sehingga kami telah melaksanakan Karya Wisata dan dapat menyelesaikan Laporan Karya Wisata yang berjudul PARANGTRITIS PANTAI KENANGAN ini tepat pada waktu yang ditentukan.

    Kami berharap dengan laporan karya wisata ini semakin menajamkan ketrampilan berbahasa kami, khususnya ketrampilan menulis fenomena suatu budaya dan wisata.

    Laporan karya wisata ini dapat diselesaikan atas bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :

1.    Bpk. Luhur Sejati, Selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kademangan.

2.    Ibu Sri Wahyuningsih selaku pembimbing I penyusunan karya tulis.

3.    Bpk. Purhaji selaku Pembimbing II, Penanggung jawab karya wisata.

4.    Semua pihak yang secara langsung ataupun tidak langsung telah membantu kami menyelesaikan laporan karya wisata ini.

    Kami berharap dengan terselesaikannya karya tulis ini dapat memberikan manfaat dan wawasan kepada seluruh pembaca khususnya siswa-siswi SMP Negeri 2 Kademangan.

    Akhirnya kami menyadari, bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh sebab itu kritik dan saran yang berifat membangun sangat kami harapkan.


 

Kademangan, .................. 2008

Penulis


 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR ISI


 

Halaman Sampul Dalam         i

Lembar Pengesahan         ii

Kata Pengantar             iii

Daftar Isi                 iv

BAB I    PENDAHULUAN         1

        1.1.     Latar Belakang Menyisir Pantai Parangtritis        1

    1.2.    Tujuan Pembahasan        1

    1.3.    Ruang Lingkup pembahasan         1

BAB II    PEMBAHASAN        2

    2.1.    Sejarah Singkat        2

    2.2.    Lokasi         2

    2.3.    Pemandangan pantai parangtritis         4

    2.4.    Keunikan pantai parangtritis         5

BAB III    PENUTUP        6

    3.1.    Kesimpulan         6

    3.2.    Kesan         6

    3.3.    Pesan         6

    3.4.    Saran         6

    3.5.    Hambatan         7

DAFTAR PUSTAKA


 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


 

 

BAB I

PENDAHULUAN


 

1.1.     Latar Belakang

        Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang mesti dikunjungi, bukan cuma karena merupakan pantai yang paling populer di Yogyakarta, tapi juga memiliki keterkaitan erat dengan beragam objek lainnya, seperti kraton Yogyakarta, Pantai Parang Kusomo, dan Kawasan Wisata Merapi.

        Sejarah yang melegenda dan kepopuleran pantai ini mendorong kami mengunjungi secara langsung obyek wisata ini untuk menikmati keindahannya dan melaporkannya dalam sajian kata.


 

1.2.    Tujuan Pembahasan

    Secara Umum kami bermaksud :

    a. Mengindentifikasi lokasi obyek wisata ini

    b. Mengamati keunikan yang ada di pantai Parangtritis

    c. Mengenali Panorama Indah Pantai Parangtritis.    


 

1.3.    Ruang Lingkup Pembahasan

    Tujuan itu kami rangkum dalam lingkup berikut :

    a. Lokasi dan asal-usul nama pantai Parangtritis

    b. Kekhasan / Keunikan pantai Parangtritis.

    c. Keindahan pantai Parangtritis.


 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB II

PEMBAHASAN


 

2.1.    Sejarah Singkat

        Pantai Parangtritis terletak 27 Kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, ini juga merupakan bagian dari kekuasaan Ratu Kidul. Konon, seseorang bernama Dipokusumo sedang bersemedi disana dia melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, ia pun menamai daerah tersebut menjadi Parangtritis, dari kata Parang (batu), dan Tumaritis = (Tetesan air).

        Pantai Parangtritis merupakan pantai yang penuh mitos, diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan "Trimurti" = (Gunung merapi, kraton yogyakarta dan pantai parangtritis). Selain terkenal sebagai tempat rekreasi, Parangtritis juga merupakan tempat keramat, banyak pengunjung yang datang untuk bersemedi. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat untuk mengadakan upacara Labuhan dari Kraton Yogyakarta.


 

2.2.    Lokasi

        Berlokasi sekitar 27 kilometer dari kota Yogyakarta. Pantai ini dapat ditempuh melalui 2 rute, pertama Yogyakarta – Imogiri – Selok - Parangtritis yang menawarkan pemandangan sungai dn bukit karang. Kedua, melewati Yogyakarta – Parangtritis, yang bisa ditempuh dengan mudah karena jalan yang dilewati relatif baik. Dikompleks Parangtritis terdapat pantai Parangkusumo yang menyediakan kolam pemandian air panas (belerang) yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dikelola oleh Sultan Hamengkubuwono VII.

        Banyak kompleks di Parangtritis, seperti : Patilasan Parangkusomo, Pemandian Prang Wedang, Makam Syeh Maulana Magribi, Makam Syeh Bela-Belu dll. Disarankan bagi para wisatawan tidak mengenakan baju hijau untuk menghormati penduduk setempat yang percaya bahwa baju hijau bisa membawa petaka.


 


 


 


 

DENAH PANTAI PARANGTRITIS


 

        

2.3.    Pemandangan Pantai Parangtritis

        Banyak pengalaman yang kita peroleh dari berwisata ke obyek wisata Parangtritis. Pesona alam itu dapat kita intip dari berbagai lokasi dan cara, sehingga pemandangan yang dilihat lebih bervariasi, terlebih bila kita mencoba berdiri ditepian pantai kita bisa melihat laut lepas yang maha luas.

        Untuk menikmatinya anda bisa sekedar berjalan dan anda juga bisa menyewa jasa bendi yang akan mengantar anda menjelajahi pemandangan pantai parangtritis. Usai menikmati pemandangan yang indah, anda bisa menuju gua Langse untuk merasakan pengalaman yang berbeda. Pemandangan eksotik ini sempat dinikmati Yog Yes ketika berkunjung beberapa hari yang lalu.

        Selain itu anda bisa menuju tempat-tempat bersejarah misalnya, Makam Syeh Bela-Belu, anda bisa naik melalu tangga yang menghubungkan jalan raya denagn bukit tempat Makam Sakral ini. Umumnya, banyak peziarah datang pada hari Selasa Kliwon.

        Gua Langse juga disebut Gua Ratu Kidul, Karena di gua Langse anda bisa melihat pemandangan laut selatan yang lebih indah. Jangan lupa meminta izin pada juru kuncinya terlebih dahulu sebelum pergi ke gua Langse. Kata seseorang yang pernah kesana melihat pemandangan Pantai Parangtritis dari Gua Langse berbeda karena lebih eksotik.


 

2.4.    Keunikan Pantai Parangtritis

        Pada tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Cina anda bisa melihat prosesi Upacara "Peh Cun" di Parangtritis. Peh Cun berasal dari kata Peh = (Dayung) dan Cun =(Perahu), merupakan bentuk syukur masyarakat Thionghoa kepada Tuhan. Perayaan ini untuk mengenang Khut Guan (Qi Yuan), seorang patriot dan sekaligus menteri pada masa kerajaan yang dikenal loyalitasnya pada raja hingga difitnah oleh rekannya dan memilih bunuh diri.

        Perayaan Peh Cun sangat unik karena tidak diisi dengan atraksi mendayung perahu berhias naga seperti di tempat lain. Tapi dengan atraksi telur berdiri. Atraksi ini dimulai pukul 11.00-12.00, pada tengah hari, menurut kepercayaan, telur bisa berdiri tegak tanpa di sangga. Namun begitu memasuki pukul 13.00, telur akan terjatuh dengan sendirinya dan tidak bisa didirikan lagi.


 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB III

PENUTUP


 

3.1.    Kesimpulan

        Pantai Parangtritis salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh parawisatawan karena merupakan tempat yang panoramanya sangat indah. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus bangga karena bangsa Indonesia kita ini mempunyai kekayaan alam yang ternilai harganya. Dengan cara mencintai dan melestarikannya.


 

3.2.    Kesan

        Pantai Parangtritis yang sangat mengesankan dan sangat indah dengan ombaknya yang besar, saling berkejar-kejaran, gumuk pasir yang berpindah-pindah dan juga kita bisa melihat sunset disore hari menambah keindahan panorama Pantai Parangtritis.


 

3.3.    Pesan

        Jika di pantai Parangtritis taruhlah sandal / sepatu lebih jauh dari laut karena untuk mencegah agar tidak hanyut terbawa arus ombak. Jangan memakai baju warna hijau karena menurut mitos baju hijau bisa membawa petaka, selain itu juga untuk menghormati masyarakat disana yang percaya akan kepercayaan itu.


 

3.4.    Saran

        Sebaiknya diparangtritis disediakan tempat pembuangan sampah agar memudahkan parawisatawan membuang sampah dan juga bermanfaat untuk mencegah pencemaran lingkungan terutama pencemaran air.


 

3.5.    Hambatan

        Di Pantai Parangtritis jalan yang di tempuh sedikit agak sulit karena sebagian jalannya rusak dan terjal serta tidak ada tempat untuk berteduh disekitar Pantai bila sudah siang hari dan udanya panas.


 


 


 


 


 


 


 

    


 

2 comments:

  1. Keren sekali informasinya, Terimakasih Gan
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete
  2. Online Casino No Deposit - Kadang Pintar
    No deposit bonus is the 바카라 사이트 sign-up bonus that allows septcasino you to play and win real money from the comfort of your own home or office. A no deposit 온카지노 bonus can

    ReplyDelete